Berita & Media

BERITA TERKINI

Bumiputera Raih Top Brand 2013


Prasetya M Brata, Chief Corporate Officer (CCO) Bumiputera menerima penghargaan Top Brand Award 2013 yang diserahkan oleh Majalah Marketing. Hotel Mulia Jakarta, 8 Februari 2013. Penghargaan ini didapatkan dari hasil survei di delapan kota besar Indonesia. Yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Pekanbaru dan Balikpapan.  

Metodologi Survei Top Brand 2013 terbagi dua jenis. Pertama survei dengan target populasi responden general, survei kedua adalah B2B. Responden general melibatkan 2.800 sampel random dan 1.400 sampel boaster. Sedangkan survei B2B (Bussines to Bussines) dilakukan dengan menggunakan metode stratified random sampling dengan menggunakan business line sebagai strata. Responden B2B yang diwawancara adalah karyawan yang bekerja di bagian purchasing, bagian General Affair (GA), atau bagian IT, yang menentukan pembelian barang/ produk di perusahaan masing-masing.

Top Brand award diberikan kepada merek-merek di dalam kategori produk tertentu yang memenuhi dua kriteria, yaitu : Merek-merek tabf memperoleh Top Brand Index (TBI) minimum sebesar 10%, dan merek-merek yang menurut hasil survei berada dalam posisi top three di dalam kategori produknya.

Pengukuran Top Brand Index (TBI) menggunakan tiga paramater. Pertama; Top of mind awarness yaitu merek yang peretama kali disebut oleh responden ketika kategori produk disebutkan. Kedua; Last used yaitu merek yang terakhir kali dikonsumsi oleh responden dalam satu re-purchase cycle. Ketiga; Future intention yaitu merek yang ingin diinginkan/ dikonsumsi di masa mendatang.***

Kembali ke halaman sebelumnya

 

Kembali ke atas