Berita & Media

BERITA TERKINI

Mangkunegara IX Jadi Pelindung Bumiputera Generasi Baru


JAKARTA - Restrukturisasi AJB Bumiputera 1912 oleh Pengelola Statuter yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menghasilkan beberapa korporasi baru yang diyakini akan berhasil memperkuat posisi perusahaan asuransi nasional tertua di Indonesia itu, sehingga memberikan jaminan yang lebih pasti dalam menunaikan kewajibannya terhadap 6,5 juta pemegang polis.

Dalam naungan Bumiputera kini hadir PT Bumiputera Properti Indonesia (BPI) yang mengelola aset-aset properti, PT Bumiputera Investama Indonesia (BII) yang mengelola aset-aset finansial induk dari PT Asuransi Jiwa Bumiputera (PT AJB), serta PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera (PT AJSB) hasil dari spin off Unit Usaha Syariah Bumiputera.

Tapi yang paling spektakuler adalah munculnya nama Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX, penguasa Puri Mangkunegara, Solo, Jawa Tengah, di jajaran petinggi Bumiputera.

"Beliau menjadi pelindung atau komisaris di super holding PT Bumiputera 1912," kata Adhie M Massardi kepada wartawan siang ini (12/2) di Jakarta.

Menurut Pengelola Statuter bidang SDM, Umum dan Komunikasi ini, kebaradaan Mangkunegara IX akan menjadi jangkar (penyangga) budaya dan nilai-nilai luhur yang ditanamkan para pendiri Bumiputera, tiga guru yang juga anggota aktif Budi Utomo (1908), organisasi kaum terpelajar nasionalis penggagas cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Ini memang seperti napak tilas sejarah Bumiputera. Sebab pada periode awal berdirinya Bumiputera, KGPAA Mangkunegara VII, kakek Mangkunegara IX, juga menjadi pelindung. Maklum, salah satu raja Jawa yang egaliter itu, sahabat RW Dwidjosewojo, salah satu pendiri AJB Bumipuetra," tutur Adhie.

"Kami berharap Gusti Mangkunegara IX, yang insya Allah akan hadir pada acara peluncuran PT Asuransi Jiwa Bumiputera di Ballroom Kempinsky Hotel, Jakarta, Minggu, 12 Februari 2017, bisa memandu pengelola Bumiputera generasi baru agar tetap berada di koridor budaya dan nilai-nilai kejuangan sebagaimana cita-cita para pendiri," kata Adhie Massardi.

Di masa lalu, selain Mangkunegara VII dari Solo, raja Jawa yang pernah menjadi pelindung Bumiputera adalah (alm) Sri Sultan Hamengku Buwono IX, dari Kesultanan Jogjakarta.

 

Kembali ke halaman sebelumnya

 

Kembali ke atas